Cara Memulai Bisnis Anggrek - Elshobah Digital Marketing

Cara Memulai Bisnis Anggrek Yang Menguntungkan Lewat Online

Cara Memulai Bisnis Anggrek Yang Menguntungkan Lewat Online

Cara Memulai Bisnis Anggrek – Bisnis tanaman hias sedang mengalami peningkatan popularitas, dan anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang banyak diminati.

Keindahan dan keunikan anggrek membuatnya menjadi pilihan favorit bagi banyak pecinta tanaman. Memulai bisnis anggrek dengan bantuan online, akan lebih memudahkan pengusaha untuk bertemu pembeli yang tepat. 

Tentukan tujuan menjual anggrek dan pasarnya. Sehingga budidaya anggrek yang kamu mulai menjadi menguntungkan. 

Artikel ini akan membantu kamu memahami pasar dan industri yang membutuhkan anggrek. Juga  jenis yang perlu dijual, dan cara memulai bisnis anggrek secara online tentunya. 

Dengan demikian, kamu akan merasa memiliki informasi yang lebih banyak tentang usaha baru yang akan kamu mulai ini. Siap? yuk simak selengkapnya. 

Peluang Bisnis Dan Pasar Untuk Anggrek

Menanam anggrek bisa menjadi bisnis yang menguntungkan jika dilakukan dengan benar. Karena sebenarnya Anggrek memiliki nilai jual yang tinggi, dan ada permintaannya cukup stabil. 

Menurut data google trends, pencarian tentang bunga anggrek masih ada terus-menerus sepanjang tahun. Artinya, ada orang yang mencari informasi tentang ini yang berarti punya market. 

Selain itu, menurut riset Linkeidn tentang masa depan anggrek, diperkirakan permintaan anggrek secara global akan semakin meningkat pada periode tahun ini hingga 2031 mendatang. 

Ini berarti ada trend yang sangat positif jika melihat perkembangan pasar secara global. Sehingga kamu bisa memiliki peluang menjualnya ke luar negeri. 

Kami akan membagikan bagaimana membuat website untuk pasar internasional dan nasional di bagian akhir tulisan ini, nantikanlah!

1. Pasar atau industri yang membutuhkan anggrek

Anggrek, atau Orchidaceae, adalah salah satu keluarga tanaman berbunga terbesar di dunia. Mereka sering digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk:

  • Tanaman Hias: Mereka sering digunakan untuk menghias taman, rumah, dan kantor.
  • Hadiah: simbolismenya yang terkait dengan cinta, keanggunan, dan kemewahan.
  • Aromaterapi: Beberapa jenis anggrek digunakan dalam industri parfum dan aromaterapi karena aroma bunga-bunganya yang wangi dan menyegarkan.
  • Pengobatan Tradisional: di Cina, beberapa spesies anggrek digunakan untuk membuat obat herbal.
  • Koleksi: Anggrek juga menjadi favorit di kalangan kolektor tanaman.
  • Dekorasi Acara: Anggrek sering digunakan dalam dekorasi acara seperti pernikahan, pesta, dan pameran karena keindahan dan daya tarik estetikanya.

Baca Juga: Mau bisnis kopi? begini tahapan bisnis online nya

2. Jenis Anggrek Yang Disukai Di Pasar

Sementara itu, untuk penggunaan khusus parfum dalam industri di Indonesia, ada beberapa anggrek khusus yang disukai. 

Jenis anggrek yang paling banyak dicari dan digunakan dalam industri parfum adalah Vanilla planifolia atau lebih dikenal sebagai anggrek vanili. 

Anggrek ini terkenal karena bijinya yang mengandung senyawa vanilin, yang memberikan aroma manis dan digunakan secara luas dalam pembuatan parfum, makanan, dan minuman​. 

Selain itu, Phalaenopsis violacea, yang dikenal juga sebagai anggrek kelip, memiliki aroma yang khas dan sering dibudidayakan karena wanginya yang memikat

Sementara itu, menurut data researchgate, anggrek yang potong yang paling penting di pasar global adalah Cymbidium, Dendrobium, Oncidium, dan Vanda dan masih banyak lagi. Kamu bisa mencari informasi yang lebih banyak.  

Cara Memulai Bisnis Anggrek Lewat Online 

Cara-Memulai-Bisnis-Anggrek-Elshobah-Digital-Marketing-2

Jika kamu sudah mulai memutuskan untuk membuat bisnis ini, selanjutnya adalah memikirkan bagaimana tahapan memulainya dan menjualnya di pasar. 

Mulailah dengan urutan berikut ini:

  1. Riset dan Perencanaan
  2. Persiapan dan Penanaman
  3. Tempat Penjualan dan Strategi Pemasaran

Sekarang, mari mulai dari yang pertama. 

1. Riset dan Perencanaan

Tentukan jenis anggrek yang ingin kamu jual. Pelajari karakteristik, perawatan, dan harga jual masing-masing jenis anggrek. 

Identifikasi target pasar yang ingin dituju, apakah itu kolektor, penggemar tanaman hias, atau bisnis seperti hotel dan restoran.

Setelah itu, buat perencanaan keuangan yang mencakup biaya pembelian bibit, perawatan, pengemasan, dan pemasaran. Pastikan kamu memiliki anggaran yang cukup untuk memulai dan menjalankan bisnis ini.

2. Persiapan dan Penanaman

Pelajarilah bagaimana cara menanam anggrek dan merawatnya. Soal pengemasan dan pengiriman bunga juga perlu diperhatikan. Kamu punya banyak tugas besar jika ingin membudidayakannya sendiri tanpa kerjasama. 

3. Tempat Penjualan dan Strategi Pemasaran

Ada banyak cara untuk menjual anggrek, dan strategi pemasaran yang bisa kamu lakukan. Namun, selagi mengembangkan online cobalah strategi offline di bawah ini. 

Pemasaran offline

  • Mulai dengan menjual anggrek di pasar lokal, seperti pameran tanaman hias, toko bunga, atau bahkan di rumah sendiri. 
  • Banyak hotel dan restoran yang menggunakan anggrek sebagai bagian dari dekorasi mereka. Menjalin kerjasama dengan bisnis-bisnis ini bisa menjadi sumber pendapatan yang stabil.
  • Anggrek sering digunakan sebagai dekorasi untuk pernikahan, ulang tahun, dan acara korporat. Coba tawarkan pada bisnis ini.

Penjualan Online

Penjualan online membuka peluang untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan platform e-commerce, media sosial, dan website. Kamu bisa menawarkan anggrek kepada pelanggan dari berbagai daerah bahkan negara lain.

Baca Juga: Harga pembuatan website wordpress 2024 lengkap yang perlu kamu tahu

Pasarakan Anggrek Dengan Website dan SEO

Cara-Memulai-Bisnis-Anggrek-Elshobah-Digital-Marketing-3

Salah satu cara agar bisa menembus global dan nasional adalah dengan membangun website bunga anggrek. Website ini akan menjadi wajah bisnis yang kamu miliki. 

Pengunjung akan mendapatkan informasi tentang jenis anggrek yang dijual, cara perawatan, harga, dan kontak disini. Bahkan jika ada fitur toko online, maka pelanggan bisa langsung melakukan transaksi. 

Nantinya, setelah website selesai dibuat, kamu perlu menjalankan konten SEO. Ini adalah cara agar website dan bunga anggrek yang kamu jual dapat ditemukan oleh pencari yang sesuai. 

Nantinya, kamu akan menentukan kata pencarian apa yang paling cocok untuk pasar yang kamu tuju. Dan membuat konten yang relevan dan menarik pembeli. Agak ribet ya? 

Memang cukup rumit, namun tidak serumit saat kamu melakukan riset dan mengelola bisnis ini. Kelola SEO dan web developer ada jasa nya. Kamu bisa mengandalkan jasa seperti elshobah digital agency untuk menghandle nya. 

Mereka menyediakan jasa pembuatan website, konsultasi SEO, sekaligus kelolanya. JIka kamu tertarik untuk berdiskusi agar web kamu naik di mesin pencari atau dapat go internasional, cobalah konsultasi disini: 0812-1765-4564  Whatsapp. 

Silahkan tanyakan apa yang perlu kamu tahu. Berdiskusi tentang hal tersebut sepertinya tidak berbayar. Dan kamu bisa memiliki informasi baru. Atau, kamu juga bisa mempelajari banyak hal tentang SEO dan website disini:  blog.elshobah.com

Share this post

More Post