Cara Membuat Artikel SEO - elshobah

Cara Membuat Artikel SEO Dengan Yoast Guide

Cara Membuat Artikel SEO Dengan Yoast Guide

Cara Membuat Artikel SEO – Untuk membuat artikel yang “SEO Friendly” atau artikel yang memenuhi unsur onpage, dan nyaman dibaca. Anda bisa menggunakan panduan dari yoast SEO. 

Yoast SEO adalah alat yang dapat membantu meningkatkan performa konten ataupun website yang kita miliki. Sehingga web/konten memiliki standar yang dibutuhkan mesin pencari. 

Dengan meningkatnya standar tersebut, situs atau konten Anda akan mudah terbaca oleh google. Dan tentunya berpeluang lebih untuk ditampilkan di hasil pencarian. 

Ingin tahu cara membuat artikel SEO yang memenuhi standar search engine secara struktur? berikut panduannya menggunakan Yoast tools. 

Memasang Yoast SEO di Website

Cara-Membuat-Artikel-SEO-elshobah-2

Yoast SEO adalah tools atau alat yang digunakan untuk memastikan bahwa situs yang kita miliki sudah memenuhi standar SEO yang bagus. 

Oleh karena itu sebelum digunakan, alat ini perlu dipasang terlebih dahulu pada website atau blog yang kita miliki. Bagaimana caranya? 

  1. Silahkan login atau masuk ke akun WordPress website Anda
  2. Di menu dashboard, klik menu “plugin” dan pilih “add new plugin”
  3. Akan muncul bermacam-macam plugin. Agar dapat mencari lebih cepat, di sebelah kiri ada kolom search plugin. Isi kolom tersebut dengan : yoast SEO, lalu enter
  4. Jika sudah muncul, pilih “install now”
  5. Begitu terinstal, plugin tidak langsung terpasang pada website. Anda perlu mengklik “activate” dan ikuti langkah-langkahnya. 
  6. Untuk memastikan bahwa itu sudah terinstal, silahkan buat post/page baru. 
  7. Maka di sebelah kanan akan muncul tanda titik 3 yoast SEO. Begitupun juga dibagian bawahnya, fitur sudah muncul dan siap digunakan untuk memandu. 

Jika sudah terpasang pada situs, kita bisa mulai belajar cara membuat artikel SEO di bawah ini. 

Baca Juga: Apa itu SEO keyword dan bagaimana cara membuatnya?

Cara Membuat Artikel SEO Dengan Yoast Guide

Secara singkat, Yoast SEO membantu kita untuk melihat pratinjau konten saat ditampilkan di hasil penelusuran. Mulai dari judul, gambar, dan deskripsi. 

Selain itu, alat ini juga membantu memberikan saran optimasi, dan mengarahkan kita untuk membuat konten yang nyaman dibaca. 

Oleh karena itu, saya menyebutnya sebagai Yoast Guide atau panduan SEO. Karena salah satu fiturnya berupa indikator-indikator yang akan berubah menjadi hijau jika sudah sesuai standar. Berikut contohnya:

Ada 4 bagian dalam fitur Yoast SEO, namun untuk membuat artikel yang sesuai standar SEO, 2 bagian saja cukup: SEO dan Readability. 

Readability atau Keterbacaan

Cara-Membuat-Artikel-SEO-Yoast-Elshobah

Terdiri dari 7 poin. Untuk mencapai hasil yang bagus, tidak perlu membuatnya sempurna. 5 dari 7 poin berwarna hijau saja sudah cukup. 

1. Passive Voice. 

Kode ini akan berwarna hijau jika di dalam Artikel Anda hanya ada maksimal 10% kalimat yang menggunakan kata pasif, atau lebih rendah.

Kalimat pasif membuat informasi yang kita sampaikan sulit dicerna oleh pembaca. Bahkan, penulis mungkin perlu menambahkan kata yang lebih banyak agar sebuah kalimat dapat dipahami. 

Karena ini dapat membuat pembaca tidak  nyaman dan berisiko pesan tidak tersampaikan dengan baik. Maka hindari menulis menggunakan kalimat pasif. 

2. Consecutive Sentence

Berkaitan dengan penulisan awalan kalimat yang berulang-ulang. Menulis permulaan kalimat dengan kata yang sama berurutan akan membuat tulisan jadi canggung. 

Ini akan merusak keindahan struktur tulisan dan pembaca mungkin tidak tertarik. Karena banyak kata yang digunakan berulang. 

Yoast SEO meminta Anda untuk menghindari menulis yang seperti ini: 

3. Subheading Distribution

Artikel yang bagus harus memiliki heading atau paragraf. Setidaknya buatlah 3 paragraf yang terdiri dari judul (paragraf 1), paragraf 2 dan 3. 

4. Paragraph length

Jangan membuat terlalu banyak kalimat dalam 1 paragraf. Membuatnya terlalu banyak dapat membuat pembaca pusing dan kesulitan membaca dengan baik. 

Jika ada 3-4 kalimat, sebaiknya pisah dalam paragraf yang berbeda.

5. Sentence length

Selain paragraf yang tidak boleh terlalu panjang, dalam 1 kalimat jumlah katanya juga perlu diperhatikan. 

Satu setengah baris itu sudah cukup panjang sebagai sebuah kalimat. Jangan lupa segera menambahkan titik. 

Baca Juga: Apa itu SEO dalam blog? penjelasan lengkapnya disini

SEO Analysis

Cara-Membuat-Artikel-SEO-pelatihan-SEO-elshobah

Indikator ini memiliki jumlah yang lebih banyak, sekitar 17. Jika kamu mampu membuat 13-15 poin menjadi hijau, itu sangat bagus. 

Untuk mempelajari maksud dari masing-masing poin, Anda bisa mengklik setiap poinnya. Maka akan ada penjelasan khusus tentang itu. 

Atau, jika Anda membutuhkan mentor langsung untuk mempelajari cara membuat artikel SEO. Ataupun hal lainnya yang masih berkaitan, Anda mungkin bisa mengikuti kelas khusus. 

Elshobah digital marketing Agency membuka kelas khusus belajar SEO dan Website. Anda bisa memilih kelas yang diinginkan sesuai topik yang Anda inginkan. Dukungan belajar yang akan Anda dapatkan juga cukup  banyak loh.

Lihat lebih banyak penawaran disini atau konsultasi langsung: 0812-1765-4564.

Share this post

More Post