Cara Membuat Website Toko Online

Cara Membuat Website Toko Online Yang Mudah & Menarik Pembeli

Cara Membuat Website Toko Online Yang Mudah & Menarik Pembeli

Cara Membuat Website Toko Online – Website toko online merupakan bagian dari website bisnis, keduanya ada di ranah yang sama. Tujuannya bisnis. 

Penulis yang lain mungkin akan memberitahu kamu cara membuat website toko online sendiri. Lengkap dengan step-stepnya. 

Namun tulisan ini tidak bermaksud demikian. Kami meyakini bahwa pencarian tentang cara membuat website ini dapat dilihat dari beberapa sisi. 

Ada yang bermaksud ingin membuatnya sendiri, dan ada juga yang mencari tahu cara membuatnya namun tidak untuk di praktekan sendiri. Kamu yang mana? 

Baca Juga: Cara menggunakan yeost SEO

Cara Membuat Website Toko Online Oleh Developer

Artikel ini cocok untuk orang yang mencari tahu cara pembuatan website, namun yang mengerjakannya adalah pihak kedua. 

Artinya, kamu ingin mencari cara membuat website dari developer, dan mengetahui tahapannya. Sebelum nanti menghubungi atau memilih developer yang tepat untuk membangun website kamu. 

Tak lama sebelum tulisan ini dibuat, saya bertemu dengan client yang ingin membuat website toko online. Lengkap dengan kelola SEO nya secara keseluruhan. 

Apa yang kami diskusikan? dan bagaimana memulainya. Karena proses seperti ini baru bagi banyak orang, mengetahui tahapannya mungkin akan menenangkan hati. 

Berikut proses pembuatan website dari pertemuan dengan developer, hingga deal. 

1. Konsultasi & Janji Temu

Sebelum membahas lebih banyak tentang website, yang dilakukan client pertama kali adalah menghubungi developer website. 

Beritahu apa yang ingin dibuat, layanan apa saja yang mereka sediakan. Jika kamu merasa bahwa developer tersebut bisa dipercaya, mintalah untuk bertemu langsung. 

Pembahasan soal pembuatan website tidak mudah dijelaskan secara online. Kecuali kamu cukup paham. Bertemu tatap muka bisa menjadi solusi yang baik. 

2. Memilih Paket

Developer website atau agency akan menjelaskan mengenai paket pembuatan website. Mulai dari penggunaanya untuk apa, kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Website blog dan toko online sedikit berbeda. Karena pasti ada banyak produk yang akan ditampilkan, dan halaman informasi yang akan dibuat. 

Jika kamu sudah mengetahui paket untuk toko online, tanyakanlah berapa maksimal produk yang bisa diupload. Jangan sampai paket yang kamu pilih tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. 

Kamu juga bisa bertanya mengenai sistem pembeliannya. Apakah langsung dari website, diarahkan ke marketplace, atau pembelian ke whatsapp. Apa bisa semuanya sekaligus?

Biasanya, saya sendiri akan bertanya pada client, kemana tujuan mereka. Kemana mereka ingin mengarahkan konsumen untuk melakukan pembelian. 

Pemilik bisnis tentu lebih mengetahui kebiasaan konsumennya. Ada yang lebih suka berbelanja di marketplace langsung. Juga bisnis yang perlu banyak konsultasi sehingga nyaman chat Whatsapp. 

Semuanya adalah pilihan. Dan developer akan menyetujui request yang diminta. 

3. Menentukan desain

Client memiliki hak penuh atas websitenya. Artinya, jika ada contoh website yang menurut mereka bagus dan ingin meniru konsepnya, developer web akan melakukannya. 

Soal desain, biasanya dibahas pada pertemuan kedua setelah pembahasan awal. Karena umumnya client butuh waktu untuk memikirkan ingin membuat website seperti apa. 

Jika sudah punya gambarannya, tinggal beritahu pada developer. Siapkan juga informasi apa saja yang perlu dicantumkan di website. 

Pada pertemuan kedua ini, tanda tangan perjanjian dilakukan. Termasuk pembayaran DP atau uang muka. Pelunasan biasanya setelah website selesai dikerjakan atau sesuai kesepakatan. 

4. Menentukan Kata Kunci Produk

Sama seperti produk di marketplace yang perlu menggunakan kata kunci, aturan di google juga demikian. 

Agar toko online dan produk di dalamnya dapat muncul di hasil pencarian pengguna google atau mesin pencari. Maka perlu ada kata kunci, atau di pencarian apa produk kita ingin muncul. 

Untuk menemukan kata kunci yang pas, perlu ada riset SEO. Oleh karena itu, penting memilih paket yang menyediakan layanan ini juga. Sehingga website kamu bisa lebih mudah dibaca google. 

Hubungi tim saya di elshobah.com atau 0812-1765-4564 (Wa), jika kamu ingin bertanya lebih jauh tentang developer website. Kami siap membantu. 

Semoga langkah yang akan kamu buat bisa membawa perubahan yang baik. Selamat mencoba!

Baca Juga: 4 cara memilih keyword SEO

Ini Manfaat Website Untuk Bisnis Kamu

Sebagai tambahan informasi, jika kamu masih tidak yakin apakah harus memiliki website atau tidak. Penjelasan disini akan membantu. 

Website dapat berfungsi untuk: 

1. Tempat mencari informasi produk

Sebelum pergi ke marketplace, konsumen biasanya mencari tahu ke google dulu. Mencari informasi tentang produk sebelum membeli. 

Website bisa digunakan untuk memberitahu dan mengenalkan lebih banyak tentang produk yang kamu miliki. 

Sehingga mereka bisa menjadi lebih kenal, bahkan disitulah kamu punya kesempatan untuk mendapatkan penjualan. 

Cara ini sudah terbukti di toko online percetakan Lautan Display dan produsen bawang goreng Nion Nion. Mereka membuat strategi menarik pembeli hanya dari artikel informasi.

2. Alat penarik traffic

Website dapat digunakan untuk mencari tambahan pengunjung ke produk kita. Dengan begitu, orang yang belum mengenal produk kamu di marketplace bisa datang berkunjung. 

Kamu bisa memiliki pangsa pasar baru yang luas. Bisa mengalihkan pengunjung untuk beli di website, marketplace, atau ke whatsapp.

Share this post

More Post