Cara Memulai Bisnis Aksesoris - Elshobah

Cara Memulai Bisnis Aksesoris Secara Online, Lengkap!

Cara Memulai Bisnis Aksesoris Secara Online, Lengkap!

Cara Memulai Bisnis Aksesoris – Menjalankan bisnis secara online membuat semuanya menjadi mungkin, sama halnya dengan memasarkan aksesoris. 

Dibandingkan dengan membuka kios atau pergi berjualan keliling menjemput customer, menjualnya secara online dapat menghemat banyak hal. 

Dengan online, produk memiliki peluang bertemu customer dengan cepat dan tepat. Kamu juga memasarkan lebih banyak produk tanpa harus menjelaskannya satu persatu. 

Jika kamu tertarik memulai bisnis aksesoris secara online, pelajarilah tahapannya disini. Elshobah.com ini tidak hanya memberitahu kamu bagaimana untuk memulai. Tapi memberikan rekomendasinya juga. 

Yuk amati dan pelajari cara memulai bisnis aksesoris secara online yang telah disajikan secara lengkap dibawah ini. 

Tahapan Perencanaan Bisnis Untuk Pemula

Dalam mengawali sebuah bisnis, terdapat perencanaan yang mengawali semua prosesnya. Mulai dari nama merek, jenis aksesoris yang akan dibuat, hingga bagaimana membuat produk mentah hingga jadi. 

Jika kamu adalah pemula yang sama sekali belum mengerti cara berbisnis, cobalah ikuti langkah dibawah ini untuk memulai perencanaannya.

1. Riset Pasar

Langkah pertama yang penting adalah melakukan riset pasar. Kamu perlu memahami tren aksesoris terkini, kebutuhan dan preferensi konsumen, serta persaingan di pasar. 

Riset pasar dapat membantu Kamu menentukan jenis aksesoris yang paling diminati dan menemukan celah di pasar yang bisa dimanfaatkan.

Setelah itu, tentukan niche dan target pasar nya. Apakah Kamu ingin fokus pada aksesoris perhiasan, tas, atau mungkin aksesoris rambut? 

Siapa target pasar produkmu? Apakah remaja, wanita dewasa, atau pria? Menentukan niche dan target pasar akan sangat membantu dalam menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif.

Cara riset pasar tidak terlalu rumit. Cobalah buka marketplace, pinterest, google, dan lihat jenis aksesoris apa yang  banyak dijual dan jumlah penjualannya. 

Jika kamu ada waktu, berkelilinglah ke tempat-tempat aksesoris dan lihat jenis-jenis produk yang dijual beserta modelnya. 

Baca Juga: Bisnis tanpa produk sendiri? Coba affiliate marketing 2024

2. Buat Merek

Merek bukan sekedar nama. Didalamnya terdapat tema, warna, dan ciri khas yang ingin ditonjolkan dan dijual kepada pembeli. 

Setiap brand memiliki keunggulan atau nilai mereka masing-masing. Sehingga meskipun ada dalam kategori produk yang sama, setiap brand atau merek dapat menjangkau pelanggan yang berbeda. 

Oleh karena itu, kamu perlu menciptakan gaya aksesoris dan nilai produk yang berbeda juga. Sehingga ada daya jual yang bisa ditawarkan kepada pelanggan. 

Bagaimana cara memulai mencari ide merek, berikut tahapannya:

  1. Pikirkan sebuah nama yang mencerminkan produk atau yang dapat mewakili identitas
  2. Lakukan riset di internet terkait bagaimana brand lain membuat nama mereka
  3. Catat dan simpan seperti apa saja perbedaan setiap merek yang kamu temui. Tulis detail atau gambarannya untuk mempermudah membuat produk
  4. Tentukan tema desain aksesoris yang akan dibuat. Mulai dari jenis warna dan tampilan aksesoris. Carilah berbagai inspirasi.

2. Pilih Jenis aksesoris

Cara-Memulai-Bisnis-Aksesoris-online-Elshobah

Ada banyak jenis penggunaan aksesoris, seperti untuk pakaian, sebagai perhiasan, hiasan rambut, tas, dan lainnya. 

Saat membuka pinterest, saya menemukan cukup banyak ide yang sangat bagus. Namun produk-produk ini memang sudah pernah dibuat. 

Pilihlah diantara produk-produk tersebut, dan mulailah membuat aksesoris versi kamu sendiri. Semakin jauh perbedaannya akan semakin baik. 

3. Membuat Produk

Membuat produk sendiri tidaklah mudah. Kamu memerlukan sumber daya yang besar seperti modal, alat produksi, bahan baku dan kebutuhan lainnya. 

Untuk mengantisipasinya, carilah supplier atau lakukanlah maklon untuk mempermudah produksi. Sehingga kamu bisa melalui tahapan bisnis secara bertahap: kecil – sedang – besar.

Manufacturing of contract (maklon) adalah cara membuat produk dengan menggunakan jasa kedua sebagai produsen. 

Artinya sebagai pemilik produk, kamu hanya perlu menyerahkan desain, spesifikasi, dan informasi bahan kepada perusahaan maklon. Maka mereka akan menyelesaikan produk tersebut. 

Dengan demikian, kamu tidak perlu mencari sumber daya, membeli alat produksi dan lainnya. Cara ini dapat menghemat biaya yang dibutuhkan. 

3. Buat Rencana Bisnis

Setelah semuanya dijalankan, tahapan berikutnya adalah merencanakan bisnis, agar semuanya berjalan terarah. 

Rencana ini harus mencakup visi dan misi bisnis, analisis pasar, strategi pemasaran, rencana produksi, serta proyeksi keuangan. 

Dengan rencana bisnis yang baik, kamu dapat meminimalisir risiko dan memaksimalkan peluang sukses.

Cara Memulai Bisnis Aksesoris Secara Online

Untuk memasarkan bisnis, ada 4 cara memulai bisnis aksesoris online yang elshobah.com rekomendasikan. Hal ini berdasarkan pengalaman kami sebagai digital marketing agency. Berikut daftarnya:

  1. Buat toko online
  2. Jalankan konten marketing
  3. Buat media sosial
  4. Jalankan iklan

Keempat cara di atas adalah cara melakukan pemasaran yang lengkap di era digital atau online. Dengan keempat cara tersebut, bisnis akan lebih mudah ditemukan oleh pelanggan, dan memperbesar peluang penjualan. 

1. Buat Toko Online

Cara-Memulai-Bisnis-Aksesoris-web-Elshobah

Langkah pertama dalam memasarkan bisnis aksesoris secara online adalah membuat toko online. 

Kamu bisa membuat toko online melalui platform e-commerce seperti Shopify, WooCommerce seperti website toko online, atau marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. 

Semua platform tersebut bisa dimanfaatkan, namun apabila kamu ingin mendapatkan hasil yang penuh tanpa biaya potongan dari aplikasi. Website toko online adalah pilihannya. 

Website sepenuhnya adalah milik kamu. Sehingga semuanya dapat dikelola sendiri, mulai dari penataan produk, biaya, hingga promo yang ingin diberikan. 

Dengan demikian, pertumbuhan omset tidak dibayangi potongan toko yang ikut membesar seiring meningkatnya pemasukan. Kamu dapat memanfaatkan keuntungan tersebut untuk berbagai promosi dan kelola SEO web.

Elshobah digital agency dapat membantu kamu membuat website toko online tersebut. Harganya cukup terjangkau untuk berbagai kelas bisnis.

Mulai dari penataan web untuk jualan, memasukkan informasi, upload produk, hingga mengelola web agar muncul di pencarian google dan mendapat pengunjung. 

Jika kamu khawatir soal harga dan bingung bagaimana harus memulainya, hubungi kami di 0812-1765-4564 (whatsapp). Konsultasi secara online, atau datang langsung ke kantor kami untuk mendapatkan penjelasan. 

Kami akan dengan senang hati membantu. Yuk hubungi kontak nya ya, jangan takut.

2. Buat Konten Marketing

Buat konten yang menarik dan informatif untuk menarik minat pelanggan. Kamu bisa menambahkan blog di situs web toko online. Elshobah digital agency akan membantu mengaturnya untuk kamu. 

Selanjutnya, kamu dapat mengedukasi pengunjung website melalui konten yang membahas berbagai topik terkait aksesoris. Seperti tips memilih aksesoris yang tepat, tren aksesoris terbaru, atau tutorial DIY. 

Konten yang berkualitas akan membantu meningkatkan traffic atau kunjungan ke situs web, dan membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan. 

Jika perlu, gunakan jasa SEO profesional untuk menjalankan blog webiste kamu agar lebih cepat berkembang. Hubungi Elshobah digital agency 0812-1765-4564  (Wa) untuk informasi lebih lengkap. 

Baca Juga: Jasa SEO website yang murah apakah bagus? simak penjelasannya

3. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial adalah alat pemasaran yang sangat efektif. Buat akun bisnis di platform seperti Instagram, Facebook, dan Pinterest. 

Posting foto dan video produk secara rutin, dan gunakan fitur seperti Instagram Stories atau Facebook Live untuk berinteraksi dengan pelanggan. 

Gunakan hashtag yang relevan untuk meningkatkan visibilitas dan jangkauan postingan. Lakukan secara rutin dan dapatkan potensi penjualan dari konten-konten ini. 

4. Jalankan Iklan

Jika Kamu memiliki anggaran lebih, pertimbangkan untuk menggunakan iklan berbayar seperti Google Ads atau iklan media sosial. 

Iklan berbayar dapat membantu meningkatkan visibilitas dan menjangkau lebih banyak pelanggan potensial dengan cepat. Pastikan Kamu menargetkan iklan dengan tepat agar efektif dan tidak membuang-buang anggaran.

Namun, apabila ingin menghasilkan pelanggan yang loyal dan mengenalkan brand secara organik. Dengan SEO dan konten media sebenarnya sudah cukup. 

Hanya saja, tahapan organik (tanpa biaya iklan) seperti ini perlu waktu untuk terlihat hasilnya. Kamu mungkin perlu lebih bersabar. Namun cara ini akan memberikan kamu hasil yang konsisten dan jangka panjang. 

Siap untuk menjalankan tahapan cara memulai bisnis aksesoris online di atas? hubungi elshobah.com untuk bantuan pembuatan toko online dan proses menjalankan SEO website.

Semoga membantu

Share this post

More Post