Bisnis Jasa Pembuatan Website - Elshobah Digital Marketing

Cara Bisnis Jasa Pembuatan Website Yang Menarik Bagi Client, Udah Coba?

Cara Bisnis Jasa Pembuatan Website Yang Menarik Bagi Client, Udah Coba?

Cara Bisnis Jasa Pembuatan Website – Website bukan lagi sekadar alat untuk menampilkan informasi. Tetapi juga sebagai media komunikasi dengan pelanggan, alat pemasaran, dan platform untuk melakukan transaksi.

Dengan kebutuhan yang baru tersebut, membangun jasa pembuatan website untuk membantu pelaku usaha bisa menjadi ide yang menjanjikan. Namun, untuk memulai bisnis ini, penting mempelajarinya secara menyeluruh. 

Saat ini, ada banyak agency  besar yang bersaing pada produk yang sama. Oleh karena itu, bisnis jasa pembuatan website yang akan kamu bangun harus memiliki target market sendiri agar dapat bersaing. 

Artikel ini akan membantu kamu bagaimana menemukan market, memahami bagaimana menyediakan produk yang diperlukan. Di mana tujuan akhirnya adalah mendapatkan jawaban: cara memulai bisnis jasa pembuatan website.

Pahami Kebutuhan Membuat Website Bagi Client

Setiap bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda-beda tergantung dari jenis usahanya, target market, dan tujuan dari website itu sendiri. 

Misalnya, sebuah toko online membutuhkan fitur e-commerce yang lengkap. Sedangkan blog atau website pribadi mungkin lebih fokus pada konten dan tampilan visual. 

Maka dari itu, langkah pertama dalam memulai bisnis jasa pembuatan website adalah memahami dengan jelas kebutuhan klien.

1. Analisis Kebutuhan

Untuk memahami kebutuhan klien, pertama-tama kita perlu melakukan analisis yang mendalam. Mulailah dengan mengadakan diskusi atau wawancara dengan pemilik usaha. 

Tanyakan pada mereka apa pendapat mereka tentang berbisnis online, fitur apa saja yang dibutuhkan jika bisa memiliki toko sendiri. Serta bagaimana mereka ingin website tersebut terlihat dan berfungsi. 

Selain itu, pelajari juga industri atau bidang bisnis klien. Misalnya, jika klien Kamu adalah sebuah restoran, mereka mungkin membutuhkan fitur seperti menu online, sistem reservasi, dan galeri foto. 

Jika klien Kamu adalah sebuah perusahaan jasa, mereka mungkin membutuhkan halaman tentang kami, layanan yang ditawarkan, portofolio, dan formulir kontak.

Dengan memahami hal ini, kamu bisa merumuskan produk dalam bisnis jasa pembuatan website yang kamu tawarkan. 

2. Riset Pasar dan Kompetitor

Selain analisis kebutuhan, riset pasar dan kompetitor juga sangat penting. Cari tahu bagaimana mereka menawarkan jasanya, dan apa yang dilakukan oleh kompetitor untuk mengatasi keberatan klien.

Dengan begitu, Kamu bisa memberikan saran yang lebih baik kepada klien dan membuat website yang tidak hanya memenuhi kebutuhan mereka, tetapi juga dapat bersaing di pasar.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan dan mempelajari elemen-elemen desain, navigasi, kecepatan loading, dan optimasi SEO dari website kompetitor. 

Hal ini akan memberikan kamu gambaran tentang standar industri dan ekspektasi pengguna, sehingga bisa menciptakan website yang lebih unggul.

Baca Juga: Peluang cuan! 6 ide usaha bisnis online yang tidak ada matinya

Cara Memulai Bisnis Jasa Pembuatan Website Yang Menarik Bagi Client

Bisnis-Jasa-Pembuatan-Website-Elshobah-Digital-Marketing-3

Memulai bisnis jasa pembuatan website memerlukan persiapan yang matang, dari aspek teknis hingga aspek pemasaran. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Kamu ikuti untuk memulai bisnis ini:

1. Pelajari dan Kuasai Teknologi Terkini

Untuk sukses di bidang ini, Kamu harus menguasai teknologi dan alat yang digunakan dalam pembuatan website. 

Ini termasuk bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, JavaScript, serta framework dan platform seperti WordPress, Joomla, atau Shopify. 

Selain itu, pemahaman tentang desain responsif, UX/UI, dan optimasi SEO juga sangat penting. Jika kamu dapat memahami dengan baik bagian terakhir ini, maka penawaran yang  bisa kamu berikan akan semakin banyak. 

Ketahuilah, client sebenarnya menyukai jasa pembuatan website yang lengkap. Jika kamu bisa berhasil memberikan mereka edukasi tentang kebutuhan pengembangannya, penjualannya akan besar!

Oleh karena itu, Investasikan waktu dan sumber daya untuk terus belajar dan mengikuti perkembangan terbaru dalam teknologi pembuatan website. 

Ada banyak kursus online, tutorial, dan komunitas yang bisa membantu kamu mengembangkan keterampilan ini. Jangan pernah berhenti belajar ya!

2. Bangunlah Portofolio

Sebelum mendapatkan klien besar, cobalah membangun portofolio yang menunjukkan kemampuan Kamu dalam membuat website. 

Mulailah dengan proyek kecil, atau tawarkan jasa secara gratis atau dengan diskon kepada teman atau kenalan yang membutuhkan website. 

Pastikan setiap proyek yang Kamu kerjakan memiliki kualitas terbaik. Karena portofolio ini akan menjadi alat utama Kamu dalam menarik klien baru nantinya. 

Selanjutnya, buatlah halaman portofolio di website Kamu sendiri yang menampilkan proyek-proyek terbaik beserta testimoni dari klien yang pernah kamu bantu. 

Semakin banyak portofolio, tingkat keterpercayaan kamu akan semakin meningkat. 

Baca Juga: Jasa seo advance, basic dan lanjutan, ini bedanya!

3. Tentukan Niche dan Spesialisasi

Membuat semua website memang sangat bagus, karena kamu bisa memiliki pasar yang sangat besar. Namun, citra seperti ini sudah banyak yang menggunakan. 

Jika kamu ingin menonjol di pasar yang kompetitif, maka buatlah spesialisasi. Misalnya, Kamu bisa fokus pada pembuatan website untuk restoran, toko online, atau perusahaan startup. 

Dengan menjadi spesialis di bidang tertentu, Kamu bisa lebih mudah menarik klien yang sesuai. Dan memberikan layanan yang lebih fokus dan berkualitas karena sudah terlatih di bidang tersebut. 

4. Tetapkan Harga yang Kompetitif

Menentukan harga yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri. Jangan asal memberi harga, karena dapat merusak pasar. 

Lakukan riset pasar untuk mengetahui harga yang ditawarkan oleh kompetitor, dan sesuaikan dengan kualitas dan kompleksitas layanan yang Kamu tawarkan. 

Pertimbangkan untuk menawarkan paket harga yang berbeda (custom) sesuai dengan kebutuhan dan anggaran klien. 

Misalnya, paket dasar untuk website sederhana, paket menengah untuk website dengan fitur tambahan, dan paket premium untuk website yang kompleks dan custom.

5. Lakukan Pemasaran dan Promosi

Promosi menggunakan mesin pencari untuk layanan ini sangat berat. Karena sudah banyak raksasa yang bermain. 

Manfaatkan berbagai platform online seperti media sosial, website dan blog. Saat membuat konten untuk media sosial, buatlah yang menarik dan informatif. Tunjukan keahlian Kamu di bidang pembuatan website.

Kamu juga bisa bergabung dalam komunitas pebisnis agar memiliki relasi untuk masuk dalam lingkaran mereka. Jangan ragu untuk menghadiri seminar, workshop, atau acara networking untuk memperluas koneksi.

Baca Juga: Mau coba affiliate? ini 2 cara marketing affiliate agar cuan di 2024

6. Pelayanan Pelanggan yang Baik

Terakhir, pelayanan pelanggan yang baik sangat penting dalam bisnis jasa. Pastikan Kamu a selalu responsif terhadap pertanyaan dan permintaan klien, serta memberikan dukungan setelah website selesai dibuat. 

Klien yang puas tidak hanya akan kembali untuk proyek selanjutnya, tetapi juga merekomendasikan jasa Kamu kepada orang lain.

Mau Mulai? Lihat Contoh Bisnis Website Elshobah.com

Bisnis-Jasa-Pembuatan-Website-Elshobah-Digital-Marketing-2

Elshobah digital agency juga termasuk dalam lingkaran bisnis jasa pembuatan website. Juga bisa menjadi salah satu kompetitor kamu di dalam bisnis ini. 

Cobalah lihat elshobah.com, dan list apa saja penawaran yang bisa kamu berikan. Tentunya yang berbeda dari apa  yang kamu lihat saat ini. Buat value kamu sendiri ya.

Dengan memahami kebutuhan klien dan mempersiapkan diri dengan baik, Kamu bisa segera memulai bisnis yang mampu menarik klien. Jangan ragu untuk terus belajar dan berinovasi agar tetap relevan di industri yang terus berkembang ini.

Semoga berhasil!

Share this post

More Post