Cara Setting Yoast Seo

Cara Setting Yoast Seo Sendiri di Website Atau WordPress

Cara Setting Yoast Seo Sendiri di Website Atau WordPress

Cara Setting Yoast Seo – Cara memasang plugin Yoast SEO pada wordpress atau website sangatlah mudah. Hanya membutuhkan beberapa langkah saja. 

Jika Anda sudah bertanya pada tahap ini, kemungkinan besar Anda sudah mengetahui apa itu Yoast SEO dan fungsinya. 

Namun, jika Anda belum pernah menggunakannya, dan tidak memahami sepenuhnya tentang tools ini. Coba buka cara membuat artikel dengan Yoast. 

Sebaiknya, saat membaca panduan cara setting Yoast SEO, Anda sudah masuk ke halaman dashboard dari website. Agar tidak perlu membaca caranya berkali-kali. 

Jangan khawatir, cara yang saya bagikan sangat bisa diaplikasikan. Yuk mulai…

Cara Setting Yoast SEO Sendiri 

Yoast SEO adalah salah satu plugin atau alat pelengkap, yang dapat membantu pemilik website mendapatkan lalu lintas lebih banyak dari mesin pencari. 

Sederhananya, dengan Yoast SEO pengguna akan menjadi lebih terarah saat membuat konten. Sehingga kesalahan-kesalahan yang dapat mengganggu keterbacaan dan lainnya bisa dihindari. 

Dengan begitu, setiap konten yang diupload dan dibaca oleh google sudah memenuhi standar dan bisa bekerja dengan optimal. 

Cara-Setting-Yoast-Seo-2

Karena Yoast sendiri adalah plugin tambahan, maka sebelum digunakanan perlu diinstal atau dipasang terlebih dahulu di website yang kita miliki. Berikut Caranya:

  1. Buka website Anda, lalu login dan masuk ke dashboard
  2. Jika Anda tidak tahu bagaimana untuk login, coba tulis https://namawebisteanda.com/wp-admin/
  3. Setelah masuk ke dashboard, cari menu “Plugin” 
  4. Di menu ini akan muncul 3 pilihan: Installed plugin, add new plugin, dan plugin file editor. Pilih yang kedua “add new plugin”
  5. Cari plugin Yoast SEO dengan memasukkan kata tersebut di kolom “search plugin”
  6. Nanti akan muncul bermacam-macam plugin yang mirip, pilih Yoast SEO
  7. Klik install now, tunggu sebentar. Setelah terdownload dan tersimpan di website kita, langkah selanjutnya adalah mengaktifkannya. Klik “activate”
  8. Ikuti saja langkah-langkah yang diminta. Jangan takut, tidak akan salah

Sekarang tahapan setting Yoast SEO sudah selesai dilakukan. Langkah selanjutnya adalah memastikan apakah itu sudah berfungsi dengan baik atau belum. 

Cara Memastikan Plugin Sudah Terpasang

Untuk memastikan bahwa Yoast SEO sudah terpasang pada website kita, dapat dicek dengan 3 cara. Mulai dari cek installed plugin,  test posting artikel, dan membuat page baru. 

1. Cek Installed Plugin

Installed Plugin adalah menu yang berisi kumpulan plugin yang terpasang pada website kita. Jadi, jika tahapan install sudah benar dilakukan, maka Yoast SEO akan ada di sana. 

Cara melihatnya sangat mudah. Di dashboard cari menu “plugin” lalu pilih “Installed Plugin”. Atau bisa juga dengan melihat pada menu dashboard. 

Biasanya beberapa plugin yang sudah terinstall akan tampil di luar atau tidak tersembunyi. Jadi, saat Anda membuka menu dashboard, logo Yoast SEO bisa terlihat disana. 

Cara-Setting-Yoast-Seo-3

2. Posting Artikel

Yoast SEO memang digunakan untuk memastikan onpage pada website ataupun artikel sesuai dengan yang dibaca oleh google. 

Oleh karena itu, jika ingin tahu apakah tools ini sudah siap digunakan atau belum. Caranya dengan membuat postingan baru. 

Buka beranda, pilih post dan lalu klik add new post, atau tekan tanda (+) di header paling atas. Lihat di bagian pojok kanan atas dekat tombol publish apakah ada logo Yoast SEO, atau tidak. 

Mengenai bagaimana panduannya untuk membuat artikel menjadi optimal, silahkan masukkan artikel yangs udah disiapkan. Lalu scroll ke bawah dan lihat tanda indikatornya. 

Jika tandanya merah atau kuning, artinya masih ada yang perlu diperbaiki. Jika sudah hijau, artinya semua sudah aman. 

Baca Juga: Cara memilih kata kunci yang bisa langsung dipakai

3. Buat Page Baru

Caranya hampir sama dengan membuat postingan. Klik tanda plus (+), lalu pilih page. Scroll halaman ke bawah hingga menemukan indikator Yoast: SEO & Readability. 

Pada artikel, Yoast digunakan untuk memastikan bahwa artikel tersebut sudah memiliki kata kunci, url, judul dan lainnya. Sehingga layak di posting. 

Sedangkan dalam page atau halaman, Yoast juga berfungsi untuk memberitahu Google bahwa halaman ini bisa ditampilkan untuk kata kunci apa. 

Yuk Perdalam Soal SEO

Cara-Setting-Yoast-Seo-4

Saat ini dunia terus berubah. Tidak salah jika mencoba banyak hal untuk mempersiapkan diri. Terutama soal pasang surut bisnis. 

Jika anda memiliki minat lebih terhadap SEO Google, jangan lewatkan untuk mengikuti kelasnya di elshobah.com.  Ada pilihan materi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. 

Semua materi dapat diaplikasikan, dan telah teruji hasilnya. Anda juga akan difasilitasi dengan beberapa bentuk materi yang berbeda. Membaca, mendengar, atau melihat. 

Anda mungkin punya cara yang berbeda dalam belajar. Dengan materi yang dikemas beragam ini, Anda lebih mungkin memahaminya dengan cara yang paling Anda sukai. Mau coba? yuk konsultasi disini 0812-1765-4564.

Share this post

More Post